Posted in KAJIAN-BELAJAR

Review Buku Yuk Jadi Orang Tua Shalih

Assalamualaikum Readers! Udah baca buku Yuk, Jadi Orang tua shalih sebelum meminta anak shalih belum?

Yuk baca review-nya 🙂
Buku yang dikarang Abah Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari, Direktur Auladi Parenting School, dan berjumlah 168 halaman ini mengungkapkan langkah-langkah menjadi orang tua yang shalih.

Caranya dengan memaksimalkan lima karunia yang telah dimiliki;


A. Karunia belajar
Dalam dua tahun pertama kelahiran, anak dikaruniai Allah pertumbuhan yang sangat pesat. Perkembangan otak mencapai 80-90% begitu pula perkembangan fisik, mental, dan sosial. Nah, bagaimana cara anak belajar? Buku ini menjabarkan perbedaan fokus belajar pada anak rentang usia 0-1 tahun, batita, balita dan selanjutnya.


B. Karunia konsistensi, ini mengajarkan anak bahwa “tidak” artinya adalah “tidak”. Juga mengajarkan keteraturan rutinitas, sehingga anak terbantu untuk merasa tanggung jawab karena mereka tahu apa yang diharapkan dari mereka. Ya, rutinitas sejak bangun tidur hingga tidur lagi.


C. Karunia kiblat; kita menuju arah yang kita fokuskan. Maka orang tua harus fokus pada perilaku baik, bukan perilaku buruk. Fokus pada kelebihan, bukan kekurangan. Fokus pada solusi, bukan pada masalah.


D. Karunia mendengarkan. Dalam istilah psikolog dan pakar keayabundaan ada istilah emphatic listening dan active listening. Mendengarkan dengan empati adalah menempatkan dirinya pada posisi si pembicara. Adapun mendengarkan secara aktif artinya cara efektif agar pembicara tahu bahwa dia didengarkan. Orang tua perlu mendengar diri sendiri, mendengar pasangan dan juga anak.


E. Karunia as-shaffat, yaitu kemampuan orang tua untuk mendengarkan suara hati anak. Terinspirasi dari percakapan Nabi Ibrahim sebelum melaksanakan perintah Allah (menyembelih) dengan anaknya, Nabi Ismail di dalam surat As-shaffat:102.


Di dalam buku ini terdapat banyak tips dan teknik berlatih menjadi orang tua shalih. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja baca bukunya ya 🙂

Author:

Long Life Education's Student

Leave a comment