Posted in KAJIAN-BELAJAR

Toilet Training ala Bu Sarra

Dari pengalaman saya memegang grup wa parenting bertahun2, ada beberapa pertanyaan yg slalu berulang-ulang jika ada member baru yg masuk. Saking seringnya, para member lama, karena sdh menahun di grup sy, akan membantu sy menjawab pertanyaan2 tsb karena mereka pun sdh hafal jwbnnya. Menuliskan artikel ttg pertanyaan berulang tsb, sangat membantu saya utk menjawab pertanyaan2 di grup. Salah satu pertanyaan yg sering berulang bahkan sampai sekarang adalah: bagaimana melatih potty training?
Pertanyaan berulang membuktikan pd saya bahwa banyak yg blum tau. So daripada nanti saya ulang2 penjelasan nya, sy bs tinggal kasih artikel ini sj. Hehehe.

Oh.. Here are my steps of toilet training:

  1. MENTAL . proses toilet training yg paling pertama dan yang paling penting adalah IBU menyiapkan diri, hati, mental, jiwa, tenaga, waktu, dan kesabaran dalam menghadapi proses ini. ini adlh syarat mutlak demi kesuksesan toilet training, dan harus di pastikan dulu kesiapannya sebelum mengerjakan nomer2 selanjutnya. Ibu harus tau bahwa potty training adalah proses besar. Langkah kemandirian pertama. Yg biasanya mereka bs pis dan pup di mana sj dan kapan sj, skrg hrs ke tempat khusus dan kadang tempatnya tdk slalu tampak dpn mata. Skrg hrs laporan ke org dewasa yg ada di ruangan yg sama. Yg dulu bisa sembarang ngucur, skrg kl bgitu lg,.. Yg ada kena marah. Dengan menyadari bahwa ini proses besar.. Ibu akan lebih terima jika akan banyak kegagalan. Namanya jg baru belajar. Emang kita pas bikin kue atau rendang bisa skali jd dan enak? Ga jg kan. Jd siapin tenaga utk ngepel, hati utk kecewa, dan kesabaran yg tiada batas.
  2. BICARA. Pastikan anak anda sdh bs bcr, minimal utk bilang pis atau pup. Atau kl belum, minimal bs mengisyaratkan bahwa dia perlu ke Kamar mandi ke org dewasa terdekat. Saya selalu menyarankan utk melatih potty training di atas usia 2th. 3 bulan setelah proses penyapihan, jd sekitar 2.3th. Kenapa? Karena biasanya kalau anak msh ASI , pipisnya msh banyak dan sering. Nanti repot. Dan anak di bwh 2 blm bs menyambungkan rasa kebelet dg pengucapan verbal pis/pup.
  3. REWARDS. Ada sebuah buku yg menyarankan utk membuat ‘pesta potty training’. Saya, jelas tidak setuju. Apa2an. Cuma mnrt sy tdk ada salah nya memberikan reward superrrr kecil, yg anak sukai, cepat habis, dan jarang dapatkan. Saya menggunakan permen nerds. Nerds adlh permen yg super kecil (1/2 dr telur cicak ukurannya), dan krn anak2 sy jarang skali makan permen, apalagi di bawah 2th, jd pas dapat nerds, serasa surga dunia. Setiap kali dia berhasil bilang pipis/pup dan melakukannya dg benar di tempat yg benar, mrk dpt 2 nerds. 1 tangan kanan, 1 di tangan kiri (makan nya tetap dg tgn kanan). Jd bbrp minggu sebelum anak sy mulai potty training, saya sdh siapin permennya. Krn biasanya proses toilet training anak sy berlangsung 2-7hr (smp benar2 bisa pipis sendiri tanpa ada kebocoran siang atau malam), jd sisa nerds nya banyaaaakkkkk bgt. Ckp utk potty training adiknya yg bahkan belum ada waktu itu krn jeda nya 4-5th.
  4. BELANJA. Siapkan alat tempur. Beli pel2an baru yg enak, krn bakal sering ngepel. Beli tambahan dudukan toilet (krn pantat anak terlalu kecil untk lubang toilet dewasa) banyak di toko2 yg jual barang2 bayi, atau online shop. Siapkan celana dalam dan celana rumah yg banyaaaakkkkk, juga seprai anti air seukuran tempat tidur mereka. (anak sy sdh pisah kasur di usia 1.5th, walau masih sekamar smp usia 3th).
  5. SOUNDING. 7hr sebelumnya. bilang 7hr lg pipis nya di kamar mandi. Dan hitung mundur bersama. Di hari H, lepas SEMUA pampers, pagi dan malam. Dan Banyak2 dzikir dan istighfar agar di ksh banyak kesabaran, hahaha.
  6. SABAR. Sy tidak setuju dg cara mentatur, krn menurut sy itu mematikan kemampuan anak utk merasakan sensasi kebelet. Blm penuh kandung kemihnya sdh di ajak lg ke kamar mandi. Kita, yg dewasa ga mau waktu pipis dan pup kita di atur kan? Anak jg bgitu. Biarkan mereka merasakan sinyal kebelet yg di kirim oleh syaraf2 kandung kemih ke otak nya, utk menggerakkan kaki nya ke wc. Kalau anak anda masih bocor.. Ya wajar sj lah. Nanya jg baru belajar. Anda TIDAK blh memarahinya krn dia tdk dg sengaja melakukan nya. Mgkn blm bs, belum ngerti, atau lupa. Tp sbg manusia anda bs memberikan raut wajah kecewa. Dan kembali menanyakan sounding kmrn. Tak perlu di tanyakan kenapa, krn anak di bawah usia 5 th tidak bisa menjawab pertanyaan yang diawali dengan kata kenapa. Kalau ngompol di malam hari, mandikan, dan ganti seprai.

Saya sarankan utk tdk jalan2 jauh dulu selama proses toilet training berlangsung. Krn anak akan masih sulit menahan pipis.. Namanya jg br belajar. Dan kl dia pipis di kendaraan yg sedang di naikin, kita yg marah. Padahal kita yg salah dengan mengajak org yg lagi latihan pergi2.

Jika proses sdh di lakukan selama seminggu berturut2 dan sm skali tdk berhasil, tunda 3 bln, dan coba lagi.

Anda… Tidak perlu setuju dg cara sy. Memang masing2 ibu dan masing2 anak berbeda. Jd tdk perlu menyerang atau membandingkan antar cara. Tdk ada cara yg benar, tdk ada cara yg salah.. Yg ada hanyalah cara yg berbeda. Sy cm berbagi pengalaman mempotty training 2 anak sy yg mnrt sy mudah dan relatif cepat. Masyallah teman2 di grup mencobanya dan banyak yg berhasil jg. Kl cara ini tdk berhasil utk anak anda.. Mgkn bisa di cari cara lain lg. Anggap saja ini saya sedang menuliskan utk member grup saya yg baru nanti.

Hanya saran saya 1, banyak sabar. Mereka tidak pny se-dzarrah pun niat mengecewakan anda kl ternyata bocor, berkali-kali. Hanya benar2 belum bs saja. Semoga kesabaran kita di balas kelak, ketika naudzubillah kita sakit dan sudah tua, mereka menjaga dan mengurus kita dg level kesabaran yg sama pula.

Happy potty training!

sarrarisman

*jika dirasa manfaat, tidak perlu izin untuk membagikan artikel ini

Author:

Long Life Education's Student

Leave a comment